PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI KOTA KUPANG

  • Kadek Ayu Astiti Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Undana
  • Marsi D.S. Bani Pendidikan Fisika Jurusan PMIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Undana
Keywords: Model Pembelajaran Inovatif, SMA N 6 Kupang, SMA N 7 Kupang

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru dalam menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran serta mampu mengatasi permasalahan yang ada di kelas. Metode kegiatan yang dilakukan meliputi dua pendekatan yakni pendekatan teoritik dan praktis. Pertama, pendekatan teoritik dilakukan dengan memberikan materi serta diskusi terkait model pembelajaran inovatif oleh narasumber dan peserta kegiatan.Kedua, pendekatan praktis dilakukan melalui praktik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran inovatif hingga praktik dalam menerapkan model pembelajaran inovatif pada proses pembelajaran. Kegiatan ini berjalan lancar dilihat dari partisipasi peserta kegiatan yang sangat antusias mulai dari persiapan perlengkapan yang akan digunakan dalam pelatihan, interaksi tanya jawab selama kegiatan berlangsung hingga praktik dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran hingga penerapan model pembelajaran inovatif pada proses pembelajaran. Program ini berlangsung mulai 13 Juni 2016 hingga 13 Agustus 2016 bertempat di SMA N 6 dan SMA N 7 Kupang.Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang guru IPA yang terdiri dari 5 orang guru IPA di SMA N 6 dan SMA N 7 Kupang. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan guru akan model-model pembelajaran inovatif serta meningkatnya keterampilan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta menggunakan model pembelajaran inovatif pada proses pembelajaran.Adapun kebutuhan guru yang disampaikan saat proses evaluasi programdi sekolah mitra yakni kurangnya pemahaman guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam penelitian tindakan kelas serta cara mempublikasikan hasil penelitian tersebut pada jurnal ilmiah. 

References

Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yuliati, Lia.2008. Model-model Pembelajaran Fisika. Universitas Negeri Malang: Lembaga Pengembangan Pembelajaran.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Section
Articles