PENERAPAN KONSEP ZERO WASTE PADA USAHA PENGGILINGAN PADI DI KABUPATEN PINRANG

  • Alima Bachtiar Abdullahi Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Zulfitriany Dwiyanti Mustaka Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Keywords: Penerapan, Zero Waste, Usaha, Penggilingan Padi

Abstract

Teknologi pengolahan hasil pertanian dengan konsep zero waste sudah dikenal dan banyak tersedia, namun implementasinya masih belum menjadi prioritas. Salah satu permasalahan di Kabupaten Pinrang khususnya di Kecamatan Mattiro Bulu adalah banyaknya usaha penggilingan padi yang belum dapat memanfaatkan hasil sampingnya (sekam) yang kadang-kadang menjadi limbah dan mencemari lingkungan.Program IbW ini bertujuan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi masyarakat di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrangdalam menanggulangi limbah penggilingan padi. Hal ini diharapkanmampu mempengaruhi kenyamanan kehidupan masyarakat di sekitarnya dengan mengurangi pencemaran serta  memanfaatkanlimbah tersebut sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dalam sistem agroindustri padi di Kecamatan Mattiro Bulu. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah (1) Penerapan teknologi pertanian dengan peralatan sederhana (alat pembakaran sekam), (2) Melaksanakan pelatihan pengolahan limbah sekam, (3) Melakukan pendampingana pengolahan sekam bakar, serta (4) Membantu memasarkan sekam bakar di Makassar sebagai media tanam.Hasil pelaksanaan kegiatan IbW ini adalah limbah penggilingan padi (sekam) telah dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi, sehingga industri penggilingan padi dapat menerapkan azas keadilan dalam operasionalisasinya serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini telah mampu : (1) Membina 2 (dua) pabrik penggilingan padi  dalam penerapan konsep zero waste, (2) Terdapat 1 (satu) rumah  pengolahan limbah sekam padi di Desa Pananrang Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, (3) Meningkatan pendapatan masyarakat dari hasil produksi sekam bakar. Dengan demikian sekam bakar akan memiliki banyak manfaat, baik di dunia pertanian maupun untuk kebutuhan industri.

References

Anonim. 2008. Penerapan Zero Waste Menuju Indonesia Mandiri 2020.http://kabarpangan.blogspot.co.id/2016/06/penerapan-zero-waste-menuju-indonesia.html. Diakses tanggal 03 Agustus 2016.
Anonim. 2013. https://warasfarm.wordpress.com/2013/07/31/pemanfaatan-sekam-padi-dalam-sebagai-media-tanam-dan-pupuk. Diakses pada tanggal 01 Agustus 2016.
Anonim. 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pinrang 2014 – 2019. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pinrang, Pinrang.
Anonim. 2014. Tabloid Sinar Tani. http://tabloidsinartani.com/content/read/urgensi-revitalisasi-penggilingan-padi. Diakses tanggal 03 Agustus 2016.
Anonim. 2016. Cara Membuat Media Tanam Sekam Bakar yang Benar. http://www.wismakreatif.com/2016/01/cara-membuat-media-tanam-sekam-bakar.html. Diakses tanggal 03 Agustus 2016.
Azahari, DH. 2003. Rivitalisasi Peran Penggilingan Padi dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan. AKP Volume 1 No.1. Direktorat JEnderal Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Jakarta.
Djajadiningrat, S.T., Famiola, M., 2004. Kawasan Industri Berwawasan Lingkungan. Rekayasa Sains Bandung, Bandung.
Section
Articles