IMPLEMENTASI TEKNIK HORTIKULTURA MODERN BAGI KELOMPOK TANI TANAMAN HIAS KOTA MAKASSAR

  • Jamila Jamila Universitas Islam Makassar
  • Zulfitriany D.M Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
Keywords: Tanaman Hias, Teknik perbanyakan, Biopestisida, Tahan kekeringan, Invus tanaman.

Abstract

Program  implementasi teknik hortikultura modern bagi Kelompok Tani Tanaman Hias  di Kota Makassar dilaksanakan di kelompok Tani Perintis dan kelompok Asosiasi Tanaman Hias Makassar, Makassar Flora Club (MFC). Kedua kelompok ini berdomisili di Makassar. Pelaksanaan IbM ini yakni mulai Mei 2013.            Tujuan yang akan dicapai dalam program ini yakni peningkatan produktivitas mitra melalui inovasi teknik hortikultura modern, khususnya di Kota Makassar. Metode pelaksanaan program ini yakni pendampingan dan pelatihan teknologi hortikultura modern (1) pengenalan tanaman hortikultura bernilai ekonomis, (2) pengenalan tanaman hortikultura penyerap polutan, (3 pelatihan pembuatan biopestisida, dan (4) implementasi alat invus tanah liat untuk pemeliharaan tanaman tahan kekeringan. Berdasarkan hasil pendampingan dan pelatihan yang telah dilakukan di kelompok mitra dapat disimpulkan bahwa: (1) Tahap sosialisasi program IbM telah terlaksana dengan baik dengan capaian produktifitas  mitra meningkat 20% dalam bisnis tanaman hias, (2) Omset penjualan tanaman penyerap polutan meningkat 30% di kedua kelompok mitra, (3) Pengenalan, demonstrasi pembuatan dan aplikasi biopestisida telah dilaksanakan dimana produksi biopestisida untuk pembasmi hama, 500 ml/bulan dan (4) Aplikasi invus tanah liat sebagai salah satu metode pengembangan tanaman tahan kekeringan telah mampu diimplementasikan dengan baik oleh kedua mitra.

References

Ani A, dkk. 2012. Tanaman Hias Potensial Penyerap Polutan. Jakarta: Direktorat Budidaya dan Pasca Panen Flotikultura.
Jamila, Zulfitriany D.M. dan Suriani. 2003. IbM Kelompok Tani Tanaman Hias di Makassar. Ngayah. ISSN 2087-118X. Vol. 4. No.2. Desember 2013.
Lestari, G. dan Kencana, I. P. 2008. Galeri Tanaman Hias Lanskap. Jakarta : Penebar swadaya.
Soenandar, M. Aeni, M.N. dan Raharjo, A. 2010. ”Petunjuk Praktis Membuat Pestisida Organik”,Jakarta: AgroMedia Pustaka.
Sudarmo, S. 2005. ”Cara Praktis Pembuatan Pestisida Nabati Aman dan Ramah Lingkungan dengan Teknik Pengujian Sederhana”. Yogyakarta:Kanisius.
Zulfitriany, DM, Kuswinanti T, Inderiati dan Alima. 2014. Implementasi Ipteks bagi Inovasi dan Kreatifitas Kampus Tanaman Sanseviera Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah. Vol. 5. No. 1. Juli 2014.
Section
Articles