IbM INDUSTRI RANGRANG DI DESA KARANG AMPEL NUSA PENIDA

  • Ni Kadek Sukerti STMIK STIKOM Bali
  • Ni Wayan Cahya Ayu Pratam STMIK STIKOM Bali
  • Yohanes Sukamdi STMIK STIKOM Bali
Keywords: Tenun Rangrang, Pemasaran, Mitra dan Nusa Penida

Abstract

Desa Karang Ampel terletak di kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Bersebelahan dengan pulau Lembongan dan Jungut batu yang terkenal dengan daerah pariwisatanya. Jarak tempuh dari Denpasar berkisar 50 menit perjalanan laut dan darat. Desa ini dikenal dengan produksi tenun Rangrang. Tenun Rangrang merupakan kain tenun leluhur warga Nusa Penida yang dahulunya hanya dijadikan perlengkapan upacara keagamaan. Tenun Cepuk Rangrang memiliki ciri pada lembaran kain tenunnya terdapat ruang-ruang kecil berlubang. Pemilihan bahan warnanya bisa menggunakan bahan kimia atau bahan alami terbuat dari daun, buah dan akar-akaran tertentu. Jumlah produksi setiap bulan mencapai 20 sampai 25 potong dengan harga Rp 150.000,00 – Rp 350.000,00/potong. jumlah tersebut bisa didapatkan ketika kapasitas produksi berhasil penuh. Mitra dalam kegiatan ini adalah Bapak Gede Parwata selaku pemilik UD Sri Munggah dengan Bapak Wayan Pada selaku pemilik UD Nusa Mitra. Kedua mitra berasal dari Desa Karang Ampel, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.  Kedua mitra awalnya menggunakan manajemen keuangan tradisional serta belum memanfaatkan Teknologi Website maupun media sosial lainnya untuk pemasaran.  Sekarang kedua mitra telah mampu memasarkan hampir 30-45 tenun setiap bulan karena sudah memanfaatkan media sosial dan website serta manajemen keuangan tertata dengan baik. Motif Rangrang yang dihasilkan sudah bervariasi. Hasil akhir dari kegiatan IBM ini sangat bermanfaat bagi kedua mitra dalam mengembangkan usaha tenun Rangrang dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan terutama ibu rumah tangga. 

References

Laudon, KC, Laudon, JP.2009. Management Information Systems. New Jersey: Prentice Hall.Nixon, R.
Cintami Prima Dinantia. 2016. Upaya Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Mengembangkan Kain Songket Sebagai Produk Unggulan. Jom Fisip Vol. 3 No. 2.
Fauziyah, H.Ahmad Suharto, Indah Yuni Astuti.2016.IbM Kelompok Pengrajin Tenun Ikat Khas Kediri. Jurnal Dedikasi. ISSN 1693-3214.
I K G Sugita, I G N Priambadi, N Suarnadwipa. 2016. Pemberdayaan Potensi Desa Dan Penerapan Teknologi Pengering Pada Industri Tenun Pewarna Alami Dan Kerajinan Ate Di Desa Seraya Timur Karangasem-Bali. Jurnal Udayana Mengabdi, Volume 15 No. 1.
Dinas Pembinaan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, 2011.
Section
Articles