SEMANGAT KERJA WARGA KEM NIFUBOKESEBAGAI USAHA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR

  • Pande Wayan Renawati Prodi Teologi Hindu, Fakultas Brahma Widya, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Keywords: KEM Nifuboke, aspek perkebunan, peternakan & budaya.

Abstract

Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) tersebar di 32 Wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah KEM Nifuboke di FlipMAS Wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur. Bukan hal yang mudah untuk mengelola hal itu. Namun utamanya atas bantuan Pertamina dengan dasar usaha kerja sama seluruh komponen mulai dari FlipMAS Indonesia maupun FlipMAS Wilayah dengan dibantu oleh Para Dosen yang mempunyai kepakaran di bidangnya masing-masing dan tentunya menggerakkan seluruh masyarakat di sekitarnya, maka segala usaha untuk membangunnya terwujud.Sekitar Bulan April dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke seluruh KEM yang ada di Indonesia.  Salah satunya  adalah KEM Nifuboke. Untuk mengetahui lebih jauh perkembangan KEM Nifuboke akan di perhatikan dalam bentuk pengamatan dan saran pada aspek perkebunan, aspek peternakan, aspek budaya dan beberapa hal yang melekat pada pengembangan KEM Nifuboke. 

References

Suwandhi, Sundani Nurono. 2012. “Gagasan Forum Layanan Ipteks Bagi Masyarakat (FlipMAS). Singaraja : Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah.
Suwindra, I Nyoman P. 2012. “Penerapamn Program Ipteks Bagi Wilayah (IbW) di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Tahun 2011” Singaraja:Majalah aplikasi Ngayah.
Suwardike,dkk. 2012. “Revitalisasi Mangga Depeha : Perbaikan Produktifitas Tanamandan Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani”. Singaraja : Majalah AplikasiIpteks Ngayah.
Sudiana, I Made. 2012. “Penerapan Teknologi Jarak Tanam dan Varietas Jagung Hibrida Berbasis semi Organik”. Singaraja : Majalah aplikasi Ngayah.
Martiningsih, N.G.A,dkk. 2012. “Sanitasi Kebun dan Pemupukan Organik pada Tanaman Manggis (Garcinia Mangostana L.) Guna Pengendalian Getah Kuning”. Singaraja : Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah.
Section
Articles