PENERAPAN TEKNOLOGI PADA UKM BED COVER BALI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI BED COVER

  • Made Henny Aryani Sistem Komputer, STMIK STIKOMBali
  • Ni Komang Sri Julyantari Sistem Komputer, STMIK STIKOMBali
  • Ni Made Astiti Sistem Komputer, STMIK STIKOMBali
Keywords: Bali, Bed Cover

Abstract

Gianyarmerupakansetrakerajinan di Bali yang memilikiberagamkerajinankhas Bali yang biasadijadikanbuahtanganbagi para wisatawan. Salah satukerajinan yang diburu para wisatawanadalah Bed Cover. Mahalnyabahanbakudanalatmenyebabkanketerbatasanproduksidari Usaha Kecil Menengah. Para pengrajinmembutuhkanbahanbakuberkualitasbaikdanauntukdapatmenunjangusahamereka. Selainitu, desaindan motif yang lebihbervariasijugadibutuhkanuntukdapatmeningkatkanjumlahpenjualan. Kurangnyapengetahuan para UKM dalamhalmengemasdancaramemasarkanhasilproduksimerekamenyebabkanmerekakalahbersaingdengan yang lain. Pemasaran Bed Cover yang dilakukansecara manual, melaluipemajanganbarangdagang di toko, membuatterbatasnyapenjualanhanyapadapembeli yang dating langsungketoko. Untukdapatmeningkatkanpemasaransehinggadapatmenjangkauseluruhpembelidarisemuawilayah, makaakandilakukanpenjualansecaraonline yang dapatmelayanisemuapembeli yang berada di berbagaiwilayahtanpaharusdatang langsungketoko. 2 UKM yang menjadi mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah UKM Niesha Bali Bed Cover dan UKM Pak Putu yang keduanya berlokasi di Gianyar, Bali. Permasalahan yang ada pada UKM Niesha Bali Bed Cover dan UKM Pak Putu adalah kesulitan dalam mengemas dan mengirimkan produk keluar daerah karena keterbatasan pengetahuan dalam pengepakan dan pengiriman melalui jasa pengiriman, jumlah produksi yang terbatas, karena keterbatasa alat, bahan penunjang berupa label dan kemasan yang relatif mahal, serta pengelolaan untuk manajemen stok masih menggunakan cara manual, sehingga sulit dalam melakukan pencatatan stok yang tersedia, dan cara pemasaran yang sederhana. Tujuan kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan di bidang manajemen dan pengelolaan usaha terutama untuk sistem pengelolaan stok, peningkatan bentuk kemasan, peningkatan jumlah produksi bed cover, peningkatan jumlah konsumen, dan peningkatan jumlah penjualan dan pemasaran yang lebih efektif. Berdasarkan hasil pelaksanaan sosialisasi masyarakat yang hadir memamahi esensi dari kegiatan yang dilaksanakan dan bersedia untuk ikut aktif berpartisipasi dalam mencapai target yang telah disepakati. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kedua UKM secara aktif menggunakan peralatan teknologi yang telah diteruskan oleh perguruan tinggi pelaksana. 

References

BadanPusat Statistik Bali dalam Angka, 2015.
Section
Articles