IbM USAHA MOLEN ANEKA RASA

  • Candra Ahmadi STMIK STIKOM Bali
  • Bambang Widjajanto STMIK STIKOM Bali
  • Agus Purwanto STMIK STIKOM Bali
Keywords: Pelatihan, KueMolen, UKM

Abstract

Kue molen biasanya berisikan buah pisang. Namun tidak ada salahnya jika isian dari kue molen ini diganti dengan buah atau bahan yang lain. Tujuannya menambah variasi rasa saja supaya tidak cepat bosan. Mitra jarang melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran serta pemasukan, sehingga seringkali keuntungan atau kerugian yang diperoleh tidak diketahui secara pasti. Berdasarkan permasalahan utama mitra maka kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan dan pendampingan pengolahan molen aneka rasa dari bahan selain pisang, pemberian teknologi yang dapat membantu mengolah molen yang nantinya akan mempunyai nilai jual yang tinggi setelah dilakukan pengolahan lebih lanjut. Hal ini akan membantu menghasilkan meningkatkan penghasilan usaha Mitra. Kebutuhan Mitra yang lain adalah masalah pengemasan produk molen mereka, biasanya molen hasil produksi Mitra, langsung dipasarkan saja tanpa adanya pengemasan. Kegiatan lainnya adalah pelatihan dan bantuan sistem manajemen keuangan yang sederhana, yang dapat membantu mencatat bentuk dan jumlah pengeluaran baik itu belanja bahan baku serta upah untuk pekerja serta pemasukan yang diperoleh. pelatihan dan bantuan media online untuk membantu pemasaran berupa website. Program ini direncanakan dilaksanakan selama delapan bulan dan berlangsung dengan baik.

References

Anonim, (2013), Terbuka, Peluang Bisnis Jajanan Upakarahttp://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberita&kid=32&id=66741 diakses tanggal 28 Mei 2013
Faridah, Pada, K., Yulastri, A., Yusuf, L., (2008), Patiseri Jilid1 untuk SMK, Jakarta: DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Kejuruan,Direktorat JenderalManajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, DepartemenPendidikan Nasional.
Wikidipedia, “Bali”, http://en.wikipedia.org/wiki/Bali, Diaksestanggal: 27 April 2013
Section
Articles