IPTEK BAGI MASYARAKAT (IBM)

  • Putu Suarniti Noviantari
Keywords: iptek

Abstract

Sekolah bagaikan rumah kedua bagi anak-anak, kelayakan dan kenyamanan menjadi hal utama agar anak-anak senang berada di sekolah. Berdasarkan observasi yang dilakukan kelayakan dan kenyamanan yang ada di SD Negeri 7 Bugbug jauh dari Standar Sekolah Nasional (SSN). Gambaran sekolah yang kami dapatkan sebagai berikut.SD Negeri 7 Bugbug, memiliki gedung/bangunan yang cukup layak, tetapi kondisinya sangat memprihatinkan dari segi keamanan. Guru tidak dapat menyimpan administrasi penting di dalam kelas sering mengalami kehilangan. Pihak sekolah telah berusaha untuk meningkatkan keamanan sekolah seperti memperbaiki kunci-kunci pintu dan jendela tetapi selalu tidak berhasil atau dirusak kembali. Kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memiliki sekolah sangat kurang. Prasarana sekolah seperti lemari di dalam kelas memiliki kondisi rusak berat/tidak layak pakai. Ruang perpustakaan dengan luas 18m2, sangat kurang memiliki koleksi buku yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Sekolah tidak mampu membeli buku disebabkan dana bos yang sangat minim. Di pihak lain, guru-guru juga memiliki kendala dan kesulitan dalam memenuhi persyaratan kenaikan pangkat. Hal ini disebabkan sedikitnya pemahaman guru dalam pembuatan karya ilmiah seperti Penelitian Tindakan Kelas serta minimnya pengetahuan mengenai model-model pembelajaran. Guru-guru terlihat kebingungan dalam mencari model-model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya.Berdasarkan gambaran diatas untuk meningkatkan pengetahuan guru didalam penggunaan model-model pembelajaran serta peningkatan prestasi belajar anak melalui Penelitian Tindakan Kelas perlu adanya pelatihan atau workshop.

References

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Johnson, Elaine B. 2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
Johnson, David W. and Roger T. Johnson. 1984. Cooperation in the Classroom. Edina,Minnesota: A publication Interaction Book Company.
------- et al. 1984. Circles of Learning. Fairfax, Va.: Association for Supervision and Curriculum Development.
------- and R.T. Johnson. 1987. Learning Together and Alone: Cooperation, Competition, and Individualistic Learning. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.
Section
Articles