PEMBERDAYAAN SISWA DISABILITAS DI SLB/BNEGERI DAN SLB/C KEMALA BHAYANGKARI TABANAN

  • Made Kerta Adhi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Saraswati
Keywords: siswa disabilitas, pemberdayaan, hidup mandiri

Abstract

Tujuan kegiatan IbM ini adalah untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yakni SLB/B Negeri dan SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan dalam memberdayakan siswa disabilitas secara optimal. Kegiatan yang dilaksanakan berupa peningkatan kompetensi para guru, meningkatkan pemahaman dan empati orangtua siswa, meningkatkan hardskill dan softskill siswa, mengkondisikan ruang praktikum agar nyaman dan hergonomis serta membantu sarana atau alat-alat praktikum. Semua kegiatan dilaksanakan dengan pendekatanpartisipatory rural modeldanknowledge transfer dengan metodeteknologi transfermelalui kegiatan pelatihan,pedampingan,magang, serta bantuan barang. Mereka sangat antusias mengikuti semua kegiatan dilihat dari tingkat partisipasi dan kehadirannya yang tinggi. Hasil kegiatan IbM ini, menunjukkan ada peningkatan kompetensi guru, peningkatan pemahaman dan empati orangtua, serta peningkatan keterampilan (hardskill dan softskill) siswa disabilitas. Berdasarkan hasil kuesioner ternyata para siswa disabilitas mengalami peningkatan kompetensi,rerata mencapai 85%, seperti mereka mampu menghasilkan produk, lebih percaya diri, siap bekerja, dan hidup mandiri. 

References

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga. Tabanan. 2010.Rencana Strategis DinasPendidikan Pemuda DanOlah Raga Kabupaten TabananTahun 2011 – 2015. Tabanan
Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemristekdikti. 2016. PanduanPelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di PerguruanTinggi Edisi X. Jakarta.
IKIP Saraswati. 2015. “ Usul Program IbM Pemberdayaan siswa Disabilitas SLB/BNegeri Tabanan dan SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan”. Tabanan.
Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1998 tentang Upaya PeningkatanKesejahteraan Sosial Penyandang Cacat
Peraturan daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perlindungan danPemenuhan Hak Penyandang Disabilitas
Undang-undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Section
Articles