PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU-GURU SEKOLAH DASAR DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN

  • Ida Bagus Nyoman Mantra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Nengah Astawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Peningkatan, Profesionalisme, Guru-guru, Sekolah Dasar

Abstract

Profesionalisme para guru di Sekolah Dasar Desa Paksebali yang terdiri dari Sekolah Dasar Negeri 2 dan 3 Paksebali sangat mendesak perlu ditingkatkan terutama dalam pengelolaan pembelajaran karena kualitas pembelajaran sangat tergantung pada profesionalisme guru itu sendiri. Kemampuan para guru dalam pengelolaan sistem pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian sangat perlu ditingkatkan agar output yang dihasilkan memiliki kompetensi yang tinggi dalam menghadapi tuntutan tercapainya kompetensi yang dicanangkan dalam silabus yang disususn berdasarkan kurikulum yang berlaku. Perencanaan pembelajaran meliputi menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, membuat alat peraga, membuat lembar kerja siswa dan menyusun penilaian berbasis kinerja dan produk dan penilaian otentik sangat mendesak untuk ditingkatkan.Pelatihan dan pendampingan ini mampu menjadikan para guru lebih profesional dalam proses pembelajaran sehingga guru-guru mampu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi siswa di sekolah Dasar Negeri 2 dan 3 Paksebali, kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. 

References

Armstrong, T. (2004). Kamu itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga. Alih bahasa : Arvin Saputra. Batam : Interaksara.
Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk : Teori dalam Praktek. Alih bahasa:Arvin Saputra. Batam : Interaksara.
Shearer, C.B. (2004). Multiple Intelligences After 20 years. Teachers College Record, 106 (1)
Hamalik.O, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Sanjaya
Herry Heriawan, Asep. 2003. Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Universitas Terbuka
Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Dorwin Press, Inc.
Sanjaya.W, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group
Sardiman. A.M., 2008 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Semiawan, Conny R. 2005. Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT. Raja Gapindo Persada.
Sudana Degeng, I Nyoman. 1993. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan, Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan aktivitas Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud RI, Dirjen Dikti
Susilo, Mudammad Joko. 2007. Kurrikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jogyakarta: Pustaka Pelajar
Section
Articles