KARAKTERISTIK FISIK CAMPURAN BATU BATA DENGAN MEMANFAATKAN ABU SISA PEMBAKARAN LIMBAH KAYU

  • I Made Nada
  • Ida Bagus Suryatmaja
Keywords: Karakteristik Campuran Bata, Limbah Kayu

Abstract

Industri pengolahan kayu didalam proses produksinya akan menghasilkan suatu buangan atau limbah berupa sisa atau abu akibat dari adanya pembakaran didalam mengurangi volume limbah yang terjadi. Akan tetapi didalam proses pembakaran akan dihasilkan sisa berupa abu. Sisa abu ini jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan pencemaran pada lingkungan sekitarnya.Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan abu sisa pembakaran limbah kayu tersebut sebagai bahan bangunan melalui pemanfaatan sebagai bahan dalam campuran batu bata.Penelitian dilakukan dengan mencampur sisa abu tersebut dengan tanah lempung proporsi 0 %, 5 %, 10 %, 15 %, 20 % dan 25 %. Dari hasil campuran dilakukan pengujian karakteristik campuran yaitu : Kuat tekan dan Rembesan air.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Abu sisa pembakaran limbah kayu dapat dipakai sebagai bahan dalam pembuatan batu bata, dilihat dari hasil uji karakteristik fisik campuran.

References

................., Departemen Perindustrian Republik Indonesia, Mutu dan Cara Uji Bata Merah Pejal,SII 0021-78UDC 666.71

Bowles, Joseph. E, 1993, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah ( Mekanika Tanah) , Edisi Kedua, Penerbit Erlangga Jakarta.

Craig, RF, 1994, Mekanika Tanah, Edisi Keempat, Penerbit Erlangga Jakarta.

Hery Christady Hardiyatmo, 1992, Mekanika Tanah I, Penerbit Pt. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Terzagi, Karl, 1993, Mekanika Tanah dalam Peraktek Rekayasa, Edisi Ke dua, Penerbit Erlangga Jakarta.
Section
Articles