ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN PUBLIK

  • Ni Made Siskayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Wenny Saitri Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: pilihan karir, akuntan publik

Abstract

Akuntan publik memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kualitas laporan keuangan suatu perusahaan. Berkarir di akuntan publik akan selalu berhubungan dengan klien, yaitu perusahaan yang meminta jasa untuk mengaudit laporan keuangannya maka mereka dituntut untuk mampu menjaga kepercayaan publik dan selalu bekerja secara profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh nilai intrinsik pekerjaan, gaji, lingkungan kerja, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja, dan personalitas terhadap pemilihan karir menjadi akuntan publik di Universitas Mahasaraswati Denpasar.Penentuan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sensus. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 119 orang responden yang terdiri dari mahasiswa akuntansi kelas regular semester 7 angkatan 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja, pelatihan profesional, pengakuan profesional, dan personalitas berpengaruh positif terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi menjadi akuntan publik Sebaliknya variabel nilai intrinsik pekerjaan, gaji, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi menjadi akuntan publik.

References

Alhadar, Mochammad Audi. 2011. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar.
Aprilyan, Lara Absara. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.
Chan, Andi Setiawan. 2012. Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1, No.1, Januari 2012.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : BPFE Universitas Diponegoro.
Merdekawati, Dian Putri., dan Ardiani Ika Sulistyawati. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik. Aset. Vol 13, No. 1, Maret 2011, pp, 9-19.
Zaid, Muhammad Ikhwan. (2015). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial, dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Oktaviani, Widya. 2006. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Bengkulu Mengenai Lingkungan Kerja Auditor Terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor. Skripsi. Program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu.
Purba, Marisi P. 2012. Profesi Akuntan Publik di Indonesia: Suatu Pembahasan Kritis Terhadap Undang-Undang No.5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Putro, Adi Surono. 2012. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Menjadi Akuntan Publik. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Wahyuningtyas, Febrinia. 2012. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Profesi Sebagai Akuntan Publik. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas EkonomiUniversitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Widyasari, Yuanita. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Membedakan Pemilihan Karir. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro, Semarang.
Section
Articles