PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRATOR CERITAKEPAHLAWANAN PADA SISWA KELAS VIII CSMP PGRI 7 DENPASAR

  • Rahmi Rahmi
  • Ni Luh Sukanadi
Keywords: Menulis, puisi, inspirasi cerita kepahlawanan, pembelajaran kontekstual

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Keterampilan bahasa sangat penting untuk dikuasai. Keterampilan dasar yang perlu dikuasai siswa adalah keterampilan menulis. Bayangkan, kemampuan menulis selalu hadir dalam proses pembelajaran apapun. Kegiatan menulis yang berhubungan dengan bidang sastra salah satunya adalah belajar menulis puisi. Menulis puisi tidak hanya untuk menulis surat atau tiruan, tapi menulis puisi sebagai aspek perasaan keterampilan. Menulis puisi adalah proses perubahan dalam bentuk pikiran atau perasaan menjadi bentuk penulisan yang indah. Dengan demikian, untuk dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang berhubungan dengan situasi nyata (Contextual Teaching and Learning) dengan inspirasi kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada awal uji (pre-test) rata-rata jumlah 5,46 dengan kategori kurang, pada siklus I meningkatkan nilai rata-rata 6,85 dengan kategori hampir cukup, Siklus kedua meningkatkan nilai rata-rata siswa menjadi 7,06 dengan kategori cukup, dan siklus ketiga juga mengalami kenaikan nilai rata-rata 7,96 dengan siswa ke dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, penulisi merumuskan saran tersebut, guru SMP PGRI Indonesia 7 Denpasar memberikan motivasi kepada siswa untuk tidak mengabaikan literatur belajar khususnya puisi.

References

Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: Pusat Bahasa.
Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

Carr, K, dan Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAngkasa.

Depdikbud. (1994). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.(dalam:http://bahasaindonesiacicurug.wordpres.com/contoh-proposal.ptkpenelitian-tindakankelas) diakses 14 November 2014.

Ensiklopedia Indonesia N-Z;tanpa tahun;Tarigan, 1991:4).Diakses dari http://matazaman.blogspot.com/2011/07/pengertian-pahlawan.html. diakses 14November 2014.

Netra. (1976). Metodologi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian dan Penerbitan FKIP UNUD.