DEVELOPING SUPPLEMENTARY ENGLISH MATERIAL FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 KEROBOKAN

  • Ni Nyoman Nidya Trianingrum
Keywords: Materi suplementari Bahasa Inggris, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (i)menjelaskan prosedur pengembangan materi suplementari Bahasa Inggris untuk siswa kelas IV di SD 1 Kerobokan, (ii) Menggambarkan materi suplementari Bahasa Inggris yang dihasilkan untuk siswa kelas IV di SD 1 Kerobokan, (iii) menganalisis kualitas dari pengembangan materi untuk siswa kelas IV di SD 1 Kerobokan. Penelitian ini didesain berdasarkan model penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono. Hasil dari identifikasi masalah menunjukkan bahwa material yang sudah ada memiliki keterbatasan dari segi variasi aktivitas, sehingga buku tersebut kurang dapat memotivasi siswa. Hasil tersebut telah mendapatkan respon dari guru beserta siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat 15 dari 28siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran yang dapat menghasilkan pencapaian yang lebih baik. Pengembangan materi dinilai oleh para ahli. Para ahli menunjukkan bahwa matei pengembangan dapat dikategorikan sangat baik. Bahkan, materi pengembangan yang sudah diuji cobakanmengindikasikan bahwa kualitasnya baik yang bisa dibuktikkan dengan peningkatan nilai rata-rata yang sebelumnya siswa mendapatkan nilai 69 sudah meningkat menjadi nilai 76 setelah menggunakan buku pengembangan suplementari Bahasa Inggris.

References

Allwright, R. L. (1990). What do we want teaching materials for? In R. Rossner and R. Bolitho, (Eds.), Currents in language teaching. Oxford University Press.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan menengah umum.

Kasim, M. Curriculum 2013 on Jakarta Post retrieved from http://www.thejakartapost.com/news/2013/02/21/new-national-curriculum-leaves-teacher-experts-confused.html

McGrath, I. (2002). Materials evaluation and design for language teaching. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Parkes, J., & Harris, M. B. (2002). The purposes of a syllabus.College Teaching, 50 (2), 55-61.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tomlinson, B. (1998). Materials development in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Yuniari, N. M. (2014). Developing Supplementary English Teaching Materials For The Tenth Year Students Of Sma Pgri 6 Denpasar In Implementing Curriculum 2013, in e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Volume 3