PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS PELESTARIAN JALAK BALI TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DAN HASIL PETA KOGNITIF SISWA

  • Ayu Manik Santika
  • Desak Nyoman Budiningsih
  • Cornelius Sri Murdo Yuwono
Keywords: Pendekatan JAS, Kepedulian Lingkungan, Peta Kognitif

Abstract

Kurangnya rasa peduli tentang fenomena yang ada dilingkungan sekitar dapat menyebabkan semakin terpuruknya sikap empatik siswa. Hal ini biasa berdampak pada lingkungan mereka yang akan terbengkalai dan rusak karena tidak dirawat dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis pelestarian Jalak Bali dalam penangkaran Friends of the National Parks Foundation (FNPF) terhadap kepedulian lingkungan dan hasil peta kognitif siswa. Jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One-group Pretest-Posttest Design yang dilaksanakan di SMA N 1 Nusa Penida. Pengumpulan data menggunakan angket kepedulian lingkungan dengan 3 indikator dan rubrik hasil peta kognitif dengan 4 indikator penilaian. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs yang menunjukkan adanya perbedaan sangat nyata (p<0,01) dari penerapan pendekatan pembelajaran Jelajah Alam sekitar (JAS) berbasis pelestarian Jalak Bali terhadap kepedulian lingkungan siswa dan berbeda nyata (p<0,05) terhadap hasil peta kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar berbasis pelestarian Jalak Bali dalam penangkaran Friends of the National Parks Foundation berpengaruh positif terhadap hasil peta kognitif siswa KIR SMA N 1 Nusa Penida.

References

Azhar, K.(2015).Peningkatan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Mts. Miftahul Huda Sarang Rembang Kelas VII Semester Genap. Skripsi. Semarang: Universitas Islam NegeriWalisongo. Diaksespada 17 Maret 2016.Diunduh dari http://eprints.walisongo.ac.id.
Dwiningtyas, Y. A. (2012). PenerapanPendekatanJelajahAlamSekitar (Jas) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pengelolaan Lingkungan (Kelas VII A SMP Negeri 1 SempuBanyuwangiTahunAjaran 2011/2012). Skripsi.Universitas Jember. Diakses pada 17 Maret 2016.Diunduh dari http://dspace.unej.ac.id.
Ginantara, K. Dalem, A.A.G.R. Sudirga, S.K. Wirayudha, I.G.N.B. (2009). Jenis-Jenis Tumbuhan sebagai Sumber Pakan Jalak Bali (Leucopsarrothschildi) di Desa Ped Nusa Penida Klungkung Bali .Jurnal Bumi Lestari, 9(1), 97-102. Diakses pada tanggal 24 Januari2016 .
Hidayah, W. (2014). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kretek Bantul. Skripsi.UIN Sunan Kalijaga.Yogyakarta.
Mulyani, E.S. Aditya, M. Nugroho, E.K. Tuti, W. Sigit, S. Krispinus, K.P.dan Siti, H.B. (2008) Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Paper dipublikasikan pada Jurnal Pembelajaran Biologi Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 25 Januari 2016 dari http://biologi.unnes.ac.id/web_bio/files/DOKUMEN_JAS_1.pdf.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasikan 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran.Yogyakarta :Familia
Prasetyo, K. (2006). Pengembangan Peta Kognitif pada Anak-anak Sekolah (Dalam rangka Penanaman Konsep Geo-Spasial untuk Menjaga Keutuhan NKRI) [PDF document]. Prosiding Seminar Nasional dan Pertemuan Ilmiah Tahunan IGGIPSJ-UI Jakarta. Diakses pada 26 Maret 2016. Diunduh darihttp://geoedukasi.ump.ac.id/index.php/geoedukasi/article/download/87/71.
Putra, I.K.A. Watinasih, N.L. danNuyana, I.L. (2014). Perilaku Harian BurungJalak Bali (Leucopsar rothschildi) Periode Breeding Pada Relung Yang Berbeda Di Bali Bird Park, Gianyar, Bali. Jurnal Biologi. 18(1), 1-4. Diaksespada 24 Januari 2016.
Rahmawati, S. U. (2014). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Berbudaya Lingkungan Hidup. Skripsi.Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada 17 Maret 2016. Diunduh dari http://respository.upi.edu.
Riany, C. F. A. (2013). Populasi Burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi, Stresemann 1912) Hasil Pelepasliaran di Desa Ped dan Hutan Tembeling Pulau Nusa Penida, Bali. Jurnal Sains dan Seni Pomits, 2 (2). Surabaya: Institut Teknologi SepuluhNopember (ITS).
Rumate, F. A. (2005). Strategi Kognitif dalam Pembelajaran. Dipresentasikan pada Seminar dan Lokakarya Pelatihan Singkat Penyusunan Kontrak Perkuliahan dan Bahan Ajar Bagi Staf Pengajar PTN KawasanTimur Indonesia. Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Universitas Hasanuddin (P3AI-UNHAS).
Sagala, S. (2006).Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Subali, B. (2010).Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Bandung.
Tim Penyusun Kamus Pusat. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka
Wikipedia. (2013). Kelompok Ilmiah Remaja. Diakses pada 26 Maret 2016. Diunduh dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kelompok_ilmiah_remaja
Zuriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Social dan Pendidikan. Jakarta: Sinar Dunia Offsel.