BENGKEL PAUD SOLUSI CERDAS SARANA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PG-PAUD (Studi Kasus: Bengkel PAUD di Universitas Dhyana Pura)

  • Putu Indah Lestari
  • Elizabeth Prima
Keywords: Bengkel PAUD, Kewirausahaan, SWOT

Abstract

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Dhyana Pura Bali adalah salah satu program pedagogi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan profesional di bidang pendidikan anak usia dini. Program studi PG-PAUD telah melengkapi diri dengan sarana dan prasarana pendukung salah satunya adalah bengkel anak usia dini.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan fokus pada faktor internal adalah kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal adalah, peluang dan ancaman dari workshop anak usia dini kemudian diolah dengan menggunakan analisis SWOT untuk menemukan strategi dan program kerja.dari Bengkel PAUD Model APE diciptakan adalah 5 jenis: fire mountain, thematic theater, the face time, solar system, dan the mystery boxPelaksanaan penelitian dirancang untuk melibatkan para siswa semester 2 sampai 6 semester th, tahun akademik 2015-2016.Hasil analisis SWOT dengan menggabungkan faktor internal dan eksternal, yaitu: 1) Strategi S-O adalah: kerjasama dengan lembaga anak usia dini, HIMPAUDI, IGTKI dan paten produk. 2) Strategi W-O adalah: promosi, memberikan waktu yang dijadwalkan dan ruangan khusus. 3) S-T Strategi, adalah: spesialisasi produk, variasi bahan baku, dan pendekatan persuasif; dan 4) Strategi W-T adalah: pendampingan mahasiswa, partisipasi dosen dan alumni.

References

Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamid, Solihin Ichas. 2016. Bangmejar Solusi Cerdas Mengembangkan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Kd-cibiru.upi.edu. Diunduh tanggal 24 April 2016
http://www.pps.unud.ac.id/thesis/pdf_thesis/unud-195-573685827-bab%20iii.pdf diakses tanggal 23 April 2016
http://journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf diakses tanggal 23 April 2016
Nasution. 2005. BerbagaiPendekatandalam Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT BumiAksara.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Sujiono,Yuliani N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian, Petunjuk Praktis. Yogyakarta: UGM Pers.
Tim Perumus. 2014. Tujuh Karakter Universitas Dhyana Pura. Badung
Triharyanta, Yosef Doni. 2014. Tugas Pengelolaan Laboratorium. www.academia.edu diunduh tanggal 25 April 2016
UU RI No. 20 (2003).Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudi, Edi. 2016. Pengertian Kewirausahaan dan Karakteristik. ediharukaze.blogspot.com/2013/04. akses tanggal 24 April 2016
www.pengertian.org/.../pengertian-kewirausahaan-sec. Diakses tanggal 23 April 2016
Yusuf, Syamsu, L.N. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Section
Articles