PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PARA CALON PENDIDIK MELALUI WRITING SOULMATE

  • I Komang Budiarta
Keywords: keterampilan menulis paragraf, calon pendidik, writing soulmate

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting dikuasi. Namun, fakta menunjukkan bahwa mata kuliah keterampilan menulis oleh sebagian besar mahasiswa dianggap sebagai mata kuliah yang membosankan. Hal ini bisa disebabkan oleh model pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua permasalahan yaitu: bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf mahasiswa semester II PSP Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar setelah diajarkan melaluiwriting soulmate? dan bagaimana respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran writing soulmate dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa semester II PSP Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar?Penelitian tindakan kelas ini diikuti oleh 78 orang mahasiswa semester II PSP Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar. Setelah tiga siklus pelaksanaan penelitian, hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis yang signifikan. Di samping itu, Subjek penelitian juga memberikan respon yang sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran writing soulmatedalam mata kuliah Writing I.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edition). New York: the McGraw-Hill Companies.
Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education (Eighth Edition). California: Wadsworth, Cengage Learning.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains, New York: Pearson Education.
Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (Fifth Edition). White Plains, NY: Pearson Education, Inc.
Folse S. K., Muchmore-Vokoun A., and Solomon V. E. (2010). Great Writing 2: Great Paragraphs (Third Edition).Boston: Heinle Cengage Learning.
Hogue, A. (2008). First Steps in Academic Writing (Second Edition). New York: Pearson Education Inc.
Jones, L. (2007). The Student-Centered Classroom. New York: Cambridge University Press.
Nunan, D. (2003). Practical English Language Teaching. New York: the McGraw-Hill Companies.
Oshima, A. and Hogue, A. (2007). Introduction to Academic Writing (Third Edition). White Plains, NY: Pearson Education.
Richards, J. C. and Renandya, W. A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Zemach, D. E. and Rumisek, L. A. (2005). Academic Writing from Paragraph to Essay. Oxford: Macmillan Education.
Section
Articles