KEANEKARAGAMAN HAYATI BAMBU (Bambusa spp) DI DESA WISATA PENGLIPURAN KABUPATEN BANGLI

  • Ni Wayan Ekayanti
Keywords: bambu, keanekaragaman hayati, panglipuran

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian awal untuk mengetahui keanekaragaman   bambu  yang ada di Desa Wisata Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, untuk menentukan tingkat dominasi   bambu , maka dengan terlebih dahulu menentukan kerapatan relative, frekuensi relative, luas penutupan relative, dan nilai penting suatu jenis   bambu . Penelitian adalah penelitian deskriptif karena data yang dikumpulkan dan dianalisis diperoleh dari situasi yang wajar dari fenomena yang bersangkutan. Hasil dari penelitian ini, ada keanekaragaman   bambu  di Desa Wisata Penglipuran yaitu dijumpai 8 jenis   bambu  yaitu  bambu  Tali,  bambu  Jajang Bali,  bambu  Jajang Batu,  bambu  Buluh,  bambu  Kuning,  bambu  Tamblang,  bambu  Aya dan  bambu  Siam. Dari kedelapan jenis bambu tersebut, Gigantochloa apus (J.A. & J.H Schultes) Kurz mendominansi tingkat kerapatan relatif dengan jumlah 621, frekuensi relatif 14, dan dengan luas penuntupan relatif seluas 118,34 m2.

References

Anon. (2007). bambu . http://id. Wikipedia. Org/wiki/ bambu. Diupdate pada 14 : 48, 5 Juni 2007.
Anon. (2007). Peranan bambu dalam desa adat. http://id. Wikipedia. Org/wiki/ Peranan bambu dalam desa adat.diupdate pada 14.00, 6 Agustus 2007.
Depdiknas. (2002).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta
Novriyanti, E. dan Edi, N. (2000). Jenis-jenis bambu .Jakarta. dalam http:// id.wikipidia.org/wiki/bambu, diakses tanggal 2 Februari 2000
Ismanto.A dan Sutiyono.(1992).Studi Kesesuaian Jenis bambu Sebagai Bahan Baku Sumpit.Prosiding seminar nasional penelitian dan pengembangan kehutanan dan project winrock internasional. Bogor.
Kliwon. S. (1997).Pembuatan bambu Lapis Dari bambu Tali(Gigantochloa apus). Buletin penelitian hasil hutan 15(3):190-199
Krisdianto. G. S dan A. Ismanto.(2000). Sari hasil penelitian bambu . Pusat penelitian hasil hutan. Bogor.
Margono, T. (2000). Keanekaragaman jenis bambu indonesia. Jakarta : Penerbit Grasindo Indonesia.
Nurhayati. T.(1990). Pembuatan arang empat jenis bambu dengan cara timbun. Jurnal Penelitian hasil hutan.3 (3) : 7-12
Section
Articles