PERTANIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENGELOLAAN LIMBAH DAN PENGOLAHAN PASCA PANEN

  • I Made Suryana
  • Ida Bagus Widiadnya
Keywords: Pengelolaan, Limbah, Pertanian bersih, Kelembagaan, Poklahsar

Abstract

Wilayah IbW terletak di Kabupaten Tabanan yaitu di desa Lalanglinggah dan desa Tiying Gading.  Ke dua desa ini terletak di Kecamatan Selemadeg Barat.  Desa –desa ini merupakan desa sasaran program Gerbang Pangan Serasi dan Gerbang Emas Serasi.  Di Desa Lalanglingggah sebagai pilot project Gerbang Pangan Serasi adalah Subak Anyar dengan memulai penanaman padi berbasis organik guna mendukung produksi Beras Sehat Kabupaten Tabanan tahun 2014 seluas 5 hektar.  Dalam perkembangannya sampai pendampingan tim IbW tahun ke 3(2016), Subak Anyar sudah membentuk kelompok penangkar benih padi yang berlabel biru, dan merencanakan program hilir peternakan babi yaitu membuat instalasi biogas sederhana.  Program ini merupakan integrasi antara usaha IRT dan Peternakan. Program Gerbang Emas Serasi di desa Tiying Gading dilaksanakan dengan menggalakkan industri rumah tangga dan kelompok-kelompok wanita serta PKK dengan memberikan keterampilan dan mendorong terbentuknya  kelembagaan ekonomi.  Sampai pada pendampingan tahun ke 3 (2016) kelompok yang sekarang sedang berkembang adalah kelompok Poklahsar (kelompok pengolah dan pemasar) hasil perikanan.   Poklahsar ini sudah mampu melakukan diversifikasi pengolahan produk perikanan seperti nugget lele, pangsit lele, bakso lele dan abon lele. Selain itu kelompok pengolah jajan pasar dan jajan upakara tetap berkembang dengan area pemasaran yang lebih luas.  Integrasi program juga sudah dilakukan dengan memberdayakan kelompok pembuat banten (sesajen) dengan melakukan pendampingan secara berkelanjutan.

References

Bappeda Tabanan. 2012. Potensi Beberapa Daerah Menuju Gerbang Pangan Serasi. Pemda Tabanan.
Crewe, Emma and Elizabeth Harrison. 1988. “Whose Development? An ethnography of Aid”. Zed Books, London New York. Cultural Barriers: The Triumph of Tradition Over Modernirty (pp 132 -154).
Mistral G, 1948. Lifeskill Education. Central Board of Secondary Education. India.
Kecamatan Selemadeg Barat. 2012. Profil desa Tiying Gading dan desa Surabrata. Pemda Tabanan.
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2013. Mendorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan. Indonesia
Standar Opreasional Bumdes. 2014. Tim Konsultan Pendamping Bumdes, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Section
Articles