PEMBERDAYAAN MELALUI PENDEKATAN PROGRAM DARI MASYARAKAT (BUTTOM UP PROGRAM)

  • Ida Bagus Suryatmaja
  • Ni Gst. Ag. Eka Martiningsih
  • Tjok. Istri Praganingrum
  • I Wayan Giatmajaya
Keywords: Bumdes, IbW, Gerbang Pangan, Gerbang Emas, Buttom Up Program

Abstract

Musyawarah Rencana Pembangunan  (Musrenbang) Kabupaten Tabanan 2015 dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2015. Ada beberapa isu strategis yang dikemukakan oleh kepala Bappeda Tabanan dalam laporannya yaitu 1) Pendapatan petani rendah, 2) Minimnya  usia petani yang produktif, 3) Nilai tambah produk pertanian belum maksimal,4) Belum ada penjaminan pasar hasil pertanian baik mentah maupun olahan, 5) Menjadikan desa sebagai ujung tombak pembangunan, 6) Pertanian harus menjadi sektor utama ekonomi kemasyarakatan, 7) Sarana pelayanan kesehatan rujukan masih kurang, 8) Rendahnya kulaitas pelayanan publik dan 9) Insfatruktur perlu selalu menadapat pembenanhan. Dari isu-isu tersebut maka target dalam kerangka RPJMD 2015-2020 adalah pertumbuhan danpemerataan ekonomi antara perkotaan da perdesaan, terbentuknya daerah agrowisata dengan sasaran utama adalah pelestarian sawah, adat, subak, pembangunan berkelanjutan dengan berbasis pada pelestarian daerah aliran sungai dan pelestarian kawasan resapan air serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM). Dalam  rangka pencapaian tujuan tersebut maka Universitas Mahasasarwati Denpasar ikut berperan melalui Ipteks bagi Wilayah yang direncanakan akan dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Wanasari dan Desa Jegu. Sasaran bidang dalam IbW ini meliputi sumberdaya alam, sumber daya manusia, masyarakat petani dan peternak, industri rumah tangga dan kelembagaan.  Ke dua desa sararan pada tahun 2015 mendapat bantuan pengajuan dana Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang sangat berkaitan dengan arah RPJMD 2015-2020 Kabupaten Tabanan.  Tujuan dari IbW di desa ini adalah bersama Pemda Tabanan, tim IbW Unmas Denpasar bertekad untuk mensukseskan program Gerbang Pangan dan Gerbang Emas untuk lebih memberdayakan masyarakat dalam rangka menyongsong kemandirian pangan dan energi menuju Tabanan Serasi ( Sehat, Sejahtera dan Berprestasi) dan menciptakan kepastian pasar produk petani melalui pembinaan Bumdes dan Bumda (Badan Usaha Milik Daerah).

References

Bappeda, 2012. Pemetaan Gerbang Emas dan Gerbang Pangan. Tabanan
Bappeda, 2014. Program Bumdes dan Bumda. Pemkab Tabanan.
Ditlitabmas, 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian. Jakarta
Ife, Jim: “Community Development, Community Based Alternatives in Age of Globalization”. Longman 2002 (pp 1- 69; 180 – 225)
Jegu, 2013. Profil Desa dan Potensi Desa Jegu. Pemkab Tabanan
Setiyono, T,D dkk. 2008. Laporan dan Usulan Program Sibermas Kecamatan Marga Tabanan Bali Tahun Ketiga. LP2M Unmas Denpasar.
Suwandi,SN. 2009. Makalah Penyusunan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat.Ditlitabmas Dikti. Jakarta
Wanasari, 2013. Profil dan Potensi desa Wanasari. Pemkab Tabanan.
Section
Articles