RESPON SISWA TERHADAP UMPAN BALIK GURU SAAT PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD SARASWATI 5 DENPASAR

  • Anak Agung Putri Maharani
  • Luh Ketut Sri Widhiasih
Keywords: Bahasa Inggris, umpan balik, respon siswa

Abstract

Didesain sebagai penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap umpan balik yang diberikan oleh guru pada saat pelajaran bahasa Inggris berlangsung di kelas. Sebanyak 120 siswa dari kelas II, IV dan V dilibatkan sebagai subjek penelitian. Untuk memperoleh data penelitian, instumen yang dipergunakan adalah catatan lapangan, angket tertutup, dan wawancara terstruktur. Data penelitian yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Model Interaktif yang terdiri dari empat langkah yaitu pengumpulan data, penyaringan data, penampilan data, dan pembuatan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa merasa senang dan antusias mengikuti pelajaran setelah diberikan umpan balik positif, tetapi mereka berubah menjadi diam dan murung setelah diberikan umpan balik yang negatif. Ditemukan bahwa 65,91% siswa sangat senang, 31,46% siswa senang, 2,17% siswa kurang senang, dan 0,46% siswa tidak senang diberikan umpan balik yang positif oleh guru ketika pelajaran bahasa Inggris berlangsung. Kemudian, 0,75% siswa sangat senang, 2,77% siswa senang, 26,44% siswa kurang senang, dan 70,04% siswa tidak senang diberikan umpan balik yang negatif oleh guru ketika pelajaran bahasa Inggris berlangsung.

References

Bijami, Kashef, dan Nejad. (2013). Peer Feedback in Learning English Writing: Advantages and Disadvantages. Penang: Universiti Sains Malaysia
Ellis, Rod. (1986). Second Language Acquisition in Context (ed.), Prentice Hall. Research, 1(77), 81–112. http://dx.doi.org/10.3102/003465430298487.
Knight, Nicky. (2014). An evaluation of the quality of teacher feedback to students: A study of numeracy teaching in the primary education sector. Tersedia di http://www.aare.edu.au/publications-database.php/3855/an-evaluation-of-the-quality-of-teacher-feedback-to-students-a-study-of-numeracy-teaching-in-the-pri, diunduh pada 20 April 2015.
Lestari, Putri. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini. Tersedia di http://digilib.uinsby.ac.id/9228/5/bab%202.pdf, diunduh pada 24 April 2015
Nurfauziah. (2013). Pengajaran Bahasa Inggris. Tersedia di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=116425&val=5320, diunduh pada 25 April 2015
Pattan. (2010). Setting Clear Objective and Providing Feedback on Students’ Output. Tersedia di http://www.pattan.net/category/Educational%20Initiatives/English%20Language%20Learners%20(ELL)/page/Setting_Clear_Objective_and_Providing_Feedback_on_Students_Output.html, diunduh pada 26 April 2015.
Sawitri, Ni Luh Samireni. 2007. A Study of the Effect of Lecturers’ Feedback toward students’ Motivation. Singaraja: Undiksha.
Section
Articles