Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Tulisan tidak pernah dipublikasikan pada jurnal sebelumnya ataupun pada jurnal lainnya
  • File pengajuan tulisan harus dalam tipe OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect format file dokumen.
  • Bila tersedia, URL untuk referensi harap disertakan
  • Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi digariskan dalam Pedoman Penulis, yang ditemukan dalam Tentang Journal.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL BAKTI SARASWATI

  

Naskah

  1. Naskah merupakan hasil penelitian atau aplikasi IPTEKS pengabdian kepada masyarakat dan gagasan inovatif dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Naskah yang dikirim belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses untuk dipublikasikan oleh jurnal lain (dinyatakan dengan surat pernyataan).
  3. Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah bahasa Indonesia mengikuti pedoman umum EYD.

 

Penulisan

Naskah diketik 1,15 spasi, (kecuali abstrak, tabel, keterangan gambar, histogram dan kepustakaan diketik dalam satu spasi), dengan batas 3,5 cm dari margins kiri, 3 cm masing-masing dari margins kanan, atas dan bawah. Naskah maksimum 15 halaman A4, diketik dalam program Microsoft Word for Windows, huruf Times New Roman ukuran 12 poin. Sebanyak 2 eksemplar naskah cetak, dan satu buah soft copy (CD) yang memuat berkas naskah tersebut dikirimkan ke alamat penyunting pelaksana.

 

Format Penulisan Naskah

  1. Judul naskah, ditulis singkat (tidak lebih dari 16 kata), jelas, informatif dan ditulis dengan huruf kapital (kecuali nama ilmiah), posisi di tengah-tengah, ukuran 14 poin.
  2. Nama dan Institusi penulis, nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika penulis terdiri atas lebih dari empat orang, yang dicantumkan pada judul artikel adalah nama penulis utama, sedangkan nama penulis lainnya ditulis pada catatan kaki halaman pertama naskah. Penulis dianjurkan mencantumkan alamat e-mail untuk memudahkan komunikasi.
  3. Abstrak, penulisan abstrak ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris Abstrak tidak lebih 250 kata. Pada pojok kiri bawah dari abstrak ditulis kata kunci (key words), tidak lebih dari 7 kata. Ringkasan dalam bahasa Inggris ditulis miring (italik).
  4. Pendahuluan ditulis secara singkat dengan memuat latar belakang kegiatan, kondisi sumber daya serta tujuan utama kegiatan.
  5. Sumber Inspirasi, memuat tantangan, persoalan dan kebutuhan yang dihadapi perguruan tinggi, dunia usaha dan masyarakat yang hendak dituntaskan melalui kegiatan ini (Aplikasi Ipteks).
  6. Metode, menguraikan teknik atau pendekatan yang digunakan untuk menuntaskan tantangan, persoalan atau kebutuhan yang menjadi target kegiatan.
  7. Karya Utama/Hasil Penelitian memuat uraian mengenai hasil yang diperoleh dari kegiatan ini. Bagian ini dapat dilengkapi dengan foto-foto yang relevan
  8. Ulasan Karya (Aplikasi Ipteks), menguraikan keunggulan dan kelemahan karya yang dihasilkan, tantangan dalam pelaksanaan dan pembuatannya serta peluang untuk penyempurnaannya.
  9. Pembahasan (Penelitian), pembahasan dari pada hasil penelitian
  10. Kesimpulan, menyatakan tingkat ketercapaian target kegiatan.
  11. Dampak dan Manfaat kegiatan, menguraikan manfaat yang diperoleh masyarakat serta perubahan sosial, budaya dan ekonomi menggunakan indikator kinerja yang umum digunakan dibidang keilmuan masing-masing.
  12. Daftar Pustaka, ditulis mengikuti menurut APA (American Psychological Association). Penulisan daftar pustaka terdiri atas (1) nama pengarang, (2) tahun terbit, (3) judul buku, (4) tempat terbit, (5) nama penerbit yang disusun berdasarkan abjad.
  13. Persantuanan (kalau ada), menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan.

 

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan akademisi dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.